Bagaimana Membedakan Batu Akik Mulia Asli Dan Palsu

Bagaimana Membedakan Batu Akik Mulia Asli Dan Palsu - Untuk Anda yang merupakan penggemar dari jenis batu akik sepatutnya untuk tahu. Ada banyak jenis batu akik yang sedang ngetren dan beredar luas saat ini. Untuk Anda yang senang mengoleksi dari jenis batu akik permata mulia harus jeli untuk membedakan mana akik permata yang asli dan yang palsu. Karena bisa jadi akik yang Anda miliki sekarang termasuk dari jenis batu akik yang palsu atau sintetis.

Untuk Anda yang ingin membeli batu akik harus tahu bagaimana caranya untuk membedakan batu akik yang asli dengan batu akik yang palsu, agar kita tidak tertipu dengan barang yang palsu tapi kelihatan asli. Berikut ini saya akan berbagi tips bagaimana caranya untuk membedakan antara batu akik permata yang asli dengan batu akik permata yang palsu.

Bagaimana Membedakan Batu Akik Mulia Asli Dan Palsu

Tips Membedakan Batu Akik Yang Asli Dan Yang Palsu

  • Silahkan Anda tempelkan batu akik tersebut ke pipi Anda, jika terasa dingin saat menyentuh kulit pipi Anda bisa dipastikan bahwa batu akik tersebut adalah asli. Namun jika tidak bisa jadi batu akik tersebut adalah sintetis..
  • Coba Anda bakar batu akik tersebut dengan api, jika lapisannya rusak bisa dipastikan bahwa batu akik tersebut terbuat dari sintetis dan tidak asli.
  • Silahkan Anda terawang didepan cahaya terang. Jika terlihat ada serat seperti retak-retak yang alami didalamnya bisa dipastikan itu adalah batu akik asli. Namun jika terlihat mulus tanpa serat didalamnya bisa dipastikan itu palsu, karena jarang bahkan tidak pernah ada batu akik yang didalamnya tanpa terlihat serat saat diterawang.
  • Tanyakan pada ahlinya atau cek dilaboratorium untuk melihat keasliannya.
  •  Berat , Permata atau batu akik asli terasa lebih berat. Dan jika dipegang akan terasa kekerasannya.
  • Memanaskan, Batu permata / akik yang asli jika dibakar akan tampak basah seperti berminyak dan jika diusap akan cepat keringnya. Namun jika bukan akik yang asli jika dibakar akan meninggalkan bekas terbakar.
Demikian sedikit informasi dari saya mengenai cara untuk membedakan antara batu akik asli dan yang palsu. Saya pastikan pengalaman dan pengetahuan tentang batu akik / permata akan lebih mengambil peran saat didepan barangnya.

2 Responses to "Bagaimana Membedakan Batu Akik Mulia Asli Dan Palsu"

  1. Ternyata mudah untuk membedakannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Gan, tetap harus teliti sebelum memilih dan membeli.

      Delete